Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Senin, 22 Oktober 2012

Bakpia, Kue Lezat Oleh-oleh


ENAK - Bakpia merupakan kue khas yang sering dibuat untuk oleh-oleh.

Bakpia, Kue Lezat Oleh-oleh

BERSILATURAHMI di Indonesia sudah jamak membawa oleh-oleh apapaun, baik minumanan maupun makanan kecil. Seringnya masyarakat dituntut walaupun tidak memaksa untuk membawa makkan khas suati daerah dimana seseorang tinggal atau baru mengunjungi daerah tertentu. Salah satu komoditi yang cukup khas adalah bakpia sebagai oleh-oleh masyarakat.
Buat yang tidak tahu bakpia, adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit jika dimakan ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.
Sejalan dengan pesatnya perkembangan kue oleh-oleh, maka bakpia pun juga mengalamia perkembangan, Terutama dari segi ini, saat ini isi bakpia bisa menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Diantaranya seperti cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.
Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Bahkan hampir sebagian orang menyebut bakpia dengan bakpia pathok, padahal itu hanyalah salah satu merek bakpia saja.
Saat ini untuk mendapatkan bakpia tidak harus pergi ke Yogyakarta, dimana dari dulu sebagai pusat kota bakpia. Hal tersebut diakibatkan banyaknya pelancong yang membutuhkan oleh-oleh kahs dari berbagai daerah lebih mudah. Seperti di bandara, stasiun-stasiun tertentu diluar Yogya banyak yang menjual bapkia.
Sehingga sebagian besar toko penjual makanan oleh-oleh di pulau Jawa menjual aneka macam oleh-oleh tersebut. Dan tentu bapkia juga dijual di pusat oleh-oleh tersebut. Perkembangan zaman juga diikuti banyaknya produsen bakpia di pulau Jawa, hal tersebut yang mendukung tersebarnya bapkia ke berbagai daerah dengan mudah. www.dalalmuslimin.blogspot.com

0 komentar