Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Jumat, 19 September 2014

Ayam dengan Kokok Panjang dan Unik



AYAM - Pemilik Ayam Ketawa menunjukan salah satu indukan yang dijualnya, Kamis (18/9).

Ayam dengan Kokok Panjang dan Unik
*Ayam Ketawa

KOTA - Keberadaan ayam ketawa yang memiliki kokok panjang dan unik, ayam asli Indonesia dari Kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan, telah menyebar keseluruh Indonesia termasuk Pekalongan. Salah satunya peternak ayam ketawa di Jalan Perintis Kemerdekaan nomor 7 Pekalongan yang menawarkan ayam ketawa dari mulai kecil sampai dewasa.
Peternak Ayam Ketawa setempat, Goni (40) saat ditemui Radar menuturkan bahwa pihakanya telah menjalani bisnis ayam ketawa selama 3 tahun. "Saya telah 3 tahun beternak ayam ketawa, selama itu pula alhamdulilah telah banyak ayam ketawa yang telah saya jual. Meskipun disini masih jarang yang punya tetapi kedepan saya rasa akan menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan karena untuk harga per ekornya cukup mahal. Untuk saat sekarang memang ramai orang mencari ayam ketawa tetapi saya saat ini hanya punya sedikit, itupun masih kecil sedangkan yang dewasa tidak saya jual karena untuk indukan," terangnya.
Ayam ketawa ini, secara fisik, baik perawakan maupun bulunya hampir sama dengan ayam kampung. Keunikannya pada suara di penghujung kokok yang terdengar seperti suara ketawa manusia.
Sementara itu, dalam sekali bertelur, betina produktif bisa menghasilkan rata-rata sebelas sampai 13 telur. Tetapi daya tetas tinggi tidak terdapat pada telur pertama hingga tiga. Baru pada telur keempat, dan seterusnya dipastikan telur terisi dengan embrio. Pada ayam ketawa ada perbedaan penamaan antara jantan dan betina. Ayam ketawa jantan disebut Lai, sedangkan ayam ketawa betina disebut Birang.
Jenis ayam ketawa sendiri sangat bervariatif mulai dari Bakka yaitu ayam ketawa berwarna dasar putih mengkilap dengan dihiasi dasar hitam, oranye, merah dan kaki hitam atau putih. Lapping yaitu ayam ketawa berwarna dasar bulu hitam dengan merah hati dan mata putih. Dimana arti kata lapping dalam bahasa bugis adalah menampung harta, sehingga dipercaya jenis ayam ketawa ini dapat menampung harta. Ceppaga yaitu ayam ketawa dengan warna dasar hitam dihiasi bulu hitam dan putih, ditambah dengan bentuk putih di badan sampai pangkal leher serta kaki berwarna hitam. Korro yaitu ayam ketawa berwarna dasar hitam dengan dihiasi hijau atau putih dan kuning mengkilap, serta kaki kuning atau hitam. Ijo Buota yaitu ayam ketawa yang memiliki warna dasar hijau dihiasi merah, diselingi warna hitam disayap, serta kaki berwarna kuning. Bori Tase’ yaitu ayam ketawa berwarna dasar bulu merah dan dihiasi bintik kuning keemasan.
Goni menambahkan selama ini untuk penjualan lebih banyak dari luar kota seperti Karawang, Lampung, Bali, Bekasi, dan Yogyakarta. "Selama ini banyak orang dari luar kota yang beli ayam saya, mungkin karena saat kesini pas liburan," pungkasnya.(bunda manis)

0 komentar