Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Jumat, 02 Desember 2011

Bakso Malang, Populer

Bakso Malang, Populer

BAKSO Malang saat ini sudah menjadi jajanan yang sangat populer dan mudah ditemukan di sepanjang jalan Pekalongan dan sekitarnya. Bahkan, penjual Bakso Malang di kaki lima maupun dengan gerobak dorong di kamung-kampung, semakin banyak.
Seperti apa bakso asal Kota Apel itu? Hidangan bakso dari kota Malang, Jawa Timur sangat berbeda dengan bakso yang dijual di wilayah Kota Batik atau daerah lain pada umumnya.
Bakso Malang biasa disajikan lengkap dengan mie kuning dan mie bihun, tahu putih atau goreng, siomay basah. Yang khas adalah pangsit goreng, atau sering juga disebut bakwan. Bahkan sebenarnya ada juga menyebut menu ini dengan bakwan Malang.
Harga jualnya cukup bervariasi, untuk yang dijual dengan gerobak dorong rata-rata Rp 600 per biji sampai Rp 1.000. Jika membeli di warung kaki lima, konsumen akan menemukan banyak variasi lagi untuk baksonya, dari ukuran kecil, sedang dan besar.
Namun kalau sempat berkunjung ke Malang, malah akan banyak isi bakso yang ditawarkan. Sedangkan bakso pada umumnya yang dijual hanya mie dan bulatan daging, atau warga Pekalongan menamainya indil. Ukurannya juga bervariasi, dari kecil sampai ukuran jumbo.
Bisa juga dicampur dengan aneka isi, kalau di kota Malang asli bahkan yang dicampur dengan cacahan tulang muda, atau disana biasa disebut 'pentol kasar'.
Penyajian bakso divariasikan dengan penambahan sayuran. Nah, kalau di Pekalongan umumnya dengan sayuran hijau caisin. Namun kalau di kota empunya, ada tambahan sayur kol, tauge, dan daun selada hijau. Penasaran. Ayo buruan cari. (*)

0 komentar