Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Jumat, 02 Desember 2011

Kue Kamir, Mengeyangkan

Kue Kamir, Mengeyangkan

LAPAR saat beraktivitas baik pagi hari maupun siang hari? Salah satu jajanan khas yang cukup mengenyangkan saat disantap adalah kue kamir. Kue yang bentuknya mirip apem ini, memang bukan makanan asli Indonesia, namun berasal dari Timur Tengah dan populer dijual di Pemalang Jawa Tengah.
Walaupun kue ini termasuk makanan ringan namun kualitasnya tidak kalah dengan makanan berat, seperti nasi, bubur atau lontong sayur. Menurut beberapa orang yang gemar kue ini, dengan memakan 4 buah kue kamir sama dengan makan satu bungkus nasi.
Kue ini dari dulu sudah digemari masyarakat, yang menikmati kue ini dari berbagai kalangan baik masyarakat bawah, menengah maupun atas. Karena kue ini dijual cukup murah, rata-rata Rp 1 ribu per buahnya.
Menurut beberapa sumber, kue kamir ada dua jenis yakni kue kamir beras dan kue kamir terigu. Kamir terigu terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, ragi dan gula. Namun adonannya harus diinapkan dulu semalaman hingga mengembang sempurna. Sedang kamir beras terbuat dari tepung beras, santan, ragi dan gula.
Dibanding kue kamir beras, kue kamir berbahan terigu lebih populer karena lebih tahan lama. Apalagi kue kamir terigu juga sering dijadikan oleh-oleh karena memang sedikit tahan lama. Namun yang palin nikmat, adalah dnegan memakan kue ini saat masih hangat, atau fresh from the oven. (*)

0 komentar