Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Kamis, 01 Desember 2011

Latih Susun SOP, Tingkatkan SDM

DALAL MUSLIMIN
PENJELASAN - Direktur AAK Pekalongan, Tri Minarsih MSc Apt saat memberikan penjelasan.

Latih Susun SOP, Tingkatkan SDM

WIRADESA - Akademi Analis Kesehatan (AAK) Pekalongan menggelar Pelatihan Penyusunan Standar Operating Procedure (SOP) Praktikum Laboratorium, mulai Kamis (1/12) hingga Jumat (2/12) di aula serbaguna kampus tersebut, guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa dan staf akademiknya.

Direktur AAK Tri Minarsih MSc Apt, menuturkan, pelatihan itu masih dalam rangkaian Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta 2011 yang dilakukan AAK Pekalongan. Kali ini diikuti oleh sekira 30-an orang dengan pemateri DR Ir Feri Kusnandar, dosen Jurusan Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

"SOP itu sebagai suatu standar untuk pelaksanaan praktikum yang berkualitas, sebab praktikum juga ada tata urutannya. Saat ini AAK sudah berjalan, namun pelatihan ini diharapkan bisa menilai dan memberikan masukan."

Pihaknya juga sudah menerapkan praktikum yang berstandar bagi mahasiswanya, seperti praktikum himatologi, kimia klinik, mikrobiologi, kimia amami, hingga parasitologi. Namun begitu tetap harus dievaluasi agar mengalami peningkatan. "Kali ini mengundang pakarnya yang lebih tahu."

AAK Pekalongan, lanjutnya, sudah menerapkan praktikum kepada mahasiswanya 1 semester kurang lebih 14 kali pertemuan. Satu pertemuan, waktunya 2 hingga 4 jam.

DR Ir Feri Kusnandar, dalam materinya menyampaikan jaminan mutu pengelolaan laboratorium sangat penting dilakukan, sebagai upaya sistemik untuk meningkatkan kualitas pengelolaan laboratorium dan membuat metode-metode untuk mencapainya. "Ini merupakan proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan laboratorium secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga seluruh stakeholders memperoleh kepuasan," jelasnya.

Menurutnya, mekanisme kerja penjaminan mutu pengelolaan laboratorium harus mengetahui terlebih dahulu permasalahan yang terjadi di kampus. "Mulai dari plan, do, check, dan act," lanjutnya. (dal)

0 komentar