Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Rabu, 28 Januari 2009

Es Khas Tasikmalaya Laris di Pekalongan

PEKALONGAN - Keberadaan beragam makanan dan minuman semakin bertambah banyak dengan kehadiran minuman es buah rumput laut asal Tasikmalaya Jawa Barat beberapa hari terakhir ini. Dengan format sederhana, cuma dengan gerobak dorong saja. Pedagang es tersebut mangkal di pinggiran jalan antara Pekalongan Kedungwuni. Setiap harinya pedagang es tersebut buka sejak pukul sembilan pagi hingga lima sore.
Yayan, pedagang es menuturkan, bahwa di Pekalongan saat ini terdapat 4 gerobak dorong yang sudah mangkal di beberapa titik. Seperti di Pringlangu, Kradenan, dan Pekajangan. Keberadaannya juga baru beberapa minggu ini untuk menjajagi potensi pasar akan es khas Tasikmalaya tersebut. "Di Pekalongan baru dua minggu ini," jelasnya.
Es yang per porsinya dijual dengan harga Rp 2.500 ini berisi rumput laut yang berwarna hijau, kolang-kaling, dan cincau. Ditambah pepaya dan nanas. Selain itu juga diberi air susu kaleng warna putih sehingga memberikan rasa manis tersendiri.
Menurutnya, es rumput laut tersebut di Tasikmalaya sudah cukup terkenal. Sehingga menjadi es andalan di wilayahnya. Di daerah Surabaya juga sudah memiliki kafe tersendiri yang khusus menjajakan rumput laut yang mulai berjalan sejak tahun 1999. Selain segar dan manis, es tersebut bahkan memiliki beberapa khasiat pengobatan, "Ini bisa untuk memperlancar pencernaan dan menyembuhkan jerawat," pungkasnya. (dalal muslimin)

0 komentar