Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Rabu, 28 Januari 2009

Terompet Laris Manis

DATANGKAN REZEKI - Kedatangan tahun baru 2009 mendatangkan rezeki tersendiri bagi penjual terompet yang kreatif.

PEKALONGAN - Datangnya perayaan malam tahun baru 2009 memberikan rejeki tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya perayaan tahun baru identik dengan tiup terompet oleh sebagian orang. Orang bilang kurang ramai kalau belum meniup terompet menyambut tahun baru masehi ini. Hal ini tentunya, menjadikan penjual terompet kebanjiran pembeli. Terutama yang memiliki kreatifitas tinggi.
Seperti Tedi, penjual terompet asal Poncol ini. Dirinya setiap perayaan malam tahun baru keliling menjual terompet. Namun terkadang juga mangkal di alun-alun Pekalongan. Dirinya membuat beragam bentuk terompet untuk dijual kepada masyarakat. Dari yang sekedar bentuk terompet hingga dibentuk berupa hewan, seperti terompet kepala naga, burung, kuda laut dan lain sebagainya. "Saya jual antara 3500 hingga 50 ribuan rupiah," ujarnya.
Dituturkan bahwa proses pembuatan terompet ini hanya membutuhkan beberapa tahapan saja. Mulai dari mempersiapkan bahan seperti kardus, pita, karet balon, dan lem. Ini untuk membuat terompet dengan bentuk biasa saja. Sedangkan terompet yang menggunakan pipa pralon sedikit membutuhkan waktu tersendiri. Karena proses pengerjaannya yang sedikit unik.
Namun dari proses pembuatan tersebut yang sedikit memakan waktu adalah proses penjemuran terompet agar kering. Sebab, bulan Desember sering terjadi hujan. "Paling lama penjemuran terompet butuh satu hari, itupun kalau cerah," jelasnya. Tingkat kekeringan ini akan mempengaruhi kualitas terompet itu sendiri. Semakin kering, maka akan semakin kuat dan baik. (dalal muslimin)

0 komentar