Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Rabu, 28 Januari 2009

Jenang Tape Pekalongan Jadi Favorit

PEKALONGAN - Membeli oleh-oleh khas suatu daerah memang menjadi tradisi tersendiri bagi yang sedang berlibur ke suatu daerah. Tentunya, oleh-oleh ini bisa memberi kesan tersendiri bagi daerah yang sedang didatangi. Seperti halnya Pekalongan yang terkenal dengan batiknya dan sering menjadi oleh-oleh khas Kota Santri ini. Namun kali ini sudah mulai marak oleh-oleh makanan ringan yang ada di pusat oleh-oleh Sahara di Jalan Gajah Mada Kota Pekalongan, misalnya Jenang Tape.
Upik, karyawan Sahara menuturkan bahwa Jenang Tape sudah menjadi makanan oleh-oleh yang murah meriah dan terjangkau. "Satu tasnya hanya Rp 5.000, isinya ada 14 biji," ujarnya. Bahkan sudah menjadi makanan oleh-oleh khas Pekalongan.
Jenang Tape tersebut, ungkapnya, terbuat dari singkong yang diolah dengan ragi tape, gula pasir dan tepung ketan. Makanan ini diproduksi dan dipasok oleh salah satu warga di Kajen Kabupaten Pekalongan. Tentunya ini akan menjadi oleh-oleh khas Pekalongan yang cukup berpotensi pangsa pasarnya. Sehingga perlu pengembangan lebih jauh.
Selain Jenang Tape, kehadiran permen asem dan jahe Pekalongan kini juga sudah ramai di pasaran oleh-oleh. Bahkan banyak yang melakukan pesanan. Selain itu ada krupuk gendar echo Pekalongan. Semua produk oleh-oleh ini dipatok dengan harga lumayan terjangkau. Coba saja. (dalal muslimin)