Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Rabu, 08 Agustus 2012

Unikal Gelar Seminar Nasional, Ekonomi Syariah


SIAPKAN - Panitia Seminar Nasional 'Perkembangan dan Prospektif Ekonomi Islam di Indonesia' sedang mempersiapkan modul dan perlengkapan tulis bagi para peserta yang akan mengikuti seminar tersebut.

Unikal Gelar Seminar Nasional, Ekonomi Syariah

BENDAN - Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar Seminar Nasional 'Perkembangan dan prospektif ekonomi islam di Indonesia' yang diselenggarakan di Hotel Dafam Pekalongan pada pagi hari ini, Sabtu (2/6). Adapun menjadi pembicara dalam seminar ini yaitu Guru Besar Ekonomi Syariah Unair Surabaya Prof Dr Suroso Imam Zadjuli SE, Guru Besar Ilmu Ekonomi Unikal Prof Dr Siti Nurhayati dan Bank Muamalat Area Manager DIY dan Semarang Norcholis SE. Sedangkan Walikota Pekalongan, dr HM Basyir Ahmad bertindak sebagai Keynote Speaker.
Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Unikal, Zahro SE MSi mengatakan bahwa seminar nasional ini dilakukan karena melihat perkembangan ekonomi islam cukup pesat yang ditandai banyaknya lembaga keuangan maupun perbankan yang saat ini telah memakai konsep islami terutama di Kota Pekalongan.
Kesadaran masyarakat sendiri mulai terbuka, hanya saja SDM masih kurang untuk mengelola hal tersebut. Acara ini diperkirakan akan dihadiri oleh para mahasiswa, pelaku ekonomi seperti dari dunia perbankkan dan pengusaha. "FE Unikal sendiri berani mengadakan seminar ini dikarenakan memiliki SDM yang cukup kompeten ditambah dengan adanya seorang guru besar," bebernya.
Aspek spiritual diperkirakan menjadi salah satu daya tarik yang kuat keberadaan ekonomi islam sehingga hal ini menjadi salah satu peluang dan potensi untuk berkembangnya ekonomi Islam. "Banyaknya perbankkan dan lembaga keuangan lainnya menunjukkan bahwa ekonomi islam telah menjadi daya tarik perkembangan ekonomi diluar konsep konvensional. Dengan status Kota Pekalongan sebagai kota religius membuat peluang perekonomian islam berkembang semakin besar di Kota Batik ini," ungkapnya.
Sementara itu, Kaprodi Manajemen, Hj Kamalina Din Jannah SE MM menjelaskan ekonomi Islam sebagai suatu sistemasi perekonomian yang menjadi alternatif bagi upaya menuju pada kemakmuran, kemaslahatan yang adil dan bermartabat.
Jika kita lihat bangsa ini dengan berbagai macam fenomenanya, ada kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin yang semakin menganga lebar. Bermacam-macam gejolak di berbagai perusahaan, kemaksiatan dan termasuk tingkah polah korupsi seperti memanipulasi berbagai macam proyek serta berbagai macam kelaliman yang ada di negeri ini. "Di sinilah keberadaan ekonomi islam yang melandaskan diri pada kaidah-kaidah atau nilai-nilai syariah yang sudah semestinya mengarah kepada pembentukan akhlak karimah yang mulia," ulasnya.
Sistem ini diyakini akan dapat mengubah karakter bangsa ini menjadi bangsa yang mempunyai komitmen untuk meningkatkan mentalitasnya sehingga masyarakat yang madani akan lebih mudah untuk diwujudkan. "Dari sinilah, FE Unikal merasa turut bertanggung jawab untuk mengembangkan ekonomi Islam di negara ini, khususnya di Pekalongan dan sekitarnya. Insya Alah, FE Unikal akan lebih komitmen dalam pengembangan ekonomi Islam," imbuhnya.
Adanya kurikulum baru yang diberlakukan mulai tahun akademik 2012/2013, membuat mata kuliah Ekonomi Islam dicantumkan yaitu berlaku bagi semester enam pada Prodi Manajemen. "Disamping itu, FE Unikal telah menjalin hubungan yang mesra dengan Bank Muamalat dan Forum Silaturahim BMT-BMT se-Kota dan Kabupaten Pekalongan," pungkasnya. http://dalalmuslimin.blogspot.com

0 komentar