Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Jumat, 09 April 2010

Ridaka Tawarkan 1001 Macam Kerajinan

PERLIHATKAN - Nazie A Kadir Manajer Produksi Ridaka saat memperlihatkan hasil kerajinan ATBM.

PEKALONGAN - Tenun dan kerajinan kreatif telah memberikan inspirasi dengan nuansa sentuhan bahan-bahan alami. Seperti yang satu ini, Ridaka pusat tenun dan kerajinan kreatif sebagai home industri yang berdiri sejak tahun 1940 tepatnya di Jalan H Agus Salim Klego VI No 4 Pekalongan.
Demikian disampaikan Nazie A Kadir, selaku Manajer Produksi Ridaka saat ditemui Radar di ruang kerjanya. "Untuk melengkapi kebutuhan konsumen, kami telah mengembangkan teknik pemanfaatan bahan-bahan alam dalam bentuk kerajinan tangan dan kain-kain tenun yang menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin)," kata dia.
Selain alat tradisional yang digunakan, Ridaka juga memanfaatkan serat-serat alam. "Kami memanfaatkan serat-serat alam seperti serat daun nanas, serat pelepah pisang, serat tanaman dan serat tanaman lidah mertua. Disamping serat-serat tersebut, kami memanfaatkan pula batang tanaman enceng gondok, pelepah pohon pisang, akar wangi, mendong dan lidi. Semua bahan-bahan alam tersebut kami olah secara profesional menjadi perlengkapan interior rumah atau dekorasi dan busana," ujar Nazie.
Tak hanya itu saja Ridaka juga memanfaatkan limbah koran dan majalah bekas sebagai bahan baku yang di olah secara kreatif sehingga menghasilkan produk-produk kerajinan yang menarik. "Kami juga memanfaatkan potongan-potongan koran dan majalah, kemudian kami olah sehingga menjadi kerajinan seperti tas, sarung bantal, baju, dan masih banyak lagi kerajinan-kerajinan lain yang kami hasilkan," ungkapnya.
Tenun tangan dan kerajinan kreatif Ridaka menawarkan 1001 macam produk kerajinan yang ditawarkan. Mulai dari berbagai macam sovenir, kebutuhan rumah tangga seperti jok kursi, taplak meja, sarung bantal, karpet, tas, tempat tisu, alas makan, keset dan masih banyak lagi produk kerajinan kreatif lainya dari Ridaka.
Untuk memenuhi selera dan kebutuhan konsumen, Ridaka siap menerima semua jenis permintaan sesuai dengan spesifikasi yang anda berikan. "Selain kreasi dari dalam, tidak menutup kemungkinan para pembeli memberi desain baik dalam bentuk, warna dan corak yang diinginkan, jadi konsumen bebas memilih desain yang diinginkan," tuturnya.
Ridaka menawarkan harga bersaing, sesuai dengan tingkat kesulitan, keberadaan bahan bakunya dan waktu penyelesaian ordernya. "Untuk harga kami harus mengkaji dulu, dari tingkat kesulitannya, keberadaan bahan bakunya dan waktu penyelesaian ordernya itu semua mempengaruhi harga yang kami tawarkan," tegasnnya.
Produk utama dari Ridaka adalah handuk berleter, yakni handuk yang bisa diberi nama pemesan yang bebas memilih ukuran besar keciknya dan corak warna yang anda inginkan. "Untuk handuk berleter pemesan bebas memilih ukuran dan corak warna yang kami tawarkan, untuk harganya mulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 100.000-an," kata Nazie.
Kreatif dan inofatif itulah produk tenun dan kerajinan kreatif yang ditawarkan oleh Ridaka. Kini produk-produk kerajinan yang dihasilkan oleh Ridaka sudah meluas keseluruh Indonesia bahkan sampai Asia, Eropa, dan Amerika. (mg)

0 komentar