Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Jumat, 15 Maret 2013

Regulasi DP Baru Berdampak Positif



DIMINATI - Motor matic Yamaha Mio J menjadi incaran konsumen dan saat ini penjualannya meningkat.

Regulasi DP Baru Berdampak Positif
*Dealer Bahana Motor Batang

BATANG - Munculnya peraturan baru dari pemerintah tentang minimal uang muka atau Down Paymet (DP), berdampak positif bagi industri otomotif. Hal trsebut terjadi di beberapa dealer, salah satunya Yamaha Bahana Motor Batang.
"Dengan peraturan baru awalnya mengurangi jumlah kostumer kami. Namun lambat laut efeknya hampir tidak terasa. Karena konsumen akan tersaring dengan baik, bukan kita tidak percaya konsumen yang hanya mampu membayar DP minim. Namun menurut kami akan lebih mempermudah leasing dalam pembiayaannya," terang Irpan Setiowanto, pimpinan dealer setempat kepada Radar.
Untuk diketahui sebelumnya Bank Indonesia (BI) membatasi uang muka (down payment/DP) kredit motor minimal 25% dan mobil 30% di perbankan. Kemudian, Kementerian Keuangan membatasi DP kredit kendaraan di perusahaan multifinance atau leasing minimal 20% untuk motor dan 25% untuk mobil.
"Bahkan menurut kami dalam jangka waktu ke depan akan menguntungkan pihak leasing, karena bisa meminimalisir kredit macet. Dipastikan dengan DP tinggi, dipastikan kostumer memang memiliki dana yang cukup untuk membeli motor," terusnya.
Namun diungkapkan ada fakta menarik saat ini di tempatnya. Yaitu penjualan motor secara tunai mengalami peningkatan cukup pesat. "Terutama untuk motor jenis sport seperti Vixion dan Byson, serta motor matic terbaru seperti Mio J dan Soul GT. Pembeli kami banyak yang membeli secara tunai dibanding kredit. Hal itu membuktikan DP bahkan tidak bermasalah bagi mereka," tuturnya.
Namun menurutnya hal tersebut juga ada pengaruh dari momen panen usaha di masyarakat Batang dan menjelang Lebaran. Secara hitungan tradisional saat ini memang sedang puncaknya permintaan motor dan alat elektronik. Karena pada umumnya, sebagian besar masyrakat khususnya petani menganggap pembelian motor untuk investasi, sehingga jika nanti butuh untuk tambahan modal bisa dijual kembali.
Diinfokan pula, dalam waktu dekat Yamaha akan mengeluarkan produk terbaru yaitu Jupiter Z Jet Fi yang diyakini akan laris manis dipasaran. "Motor Jupiter Z sudah terkenal dengan kecepatannya, apalagi jika ditambah dengan tehnologi Jet Fi dari Yamaha yang hemat bahan bakar, akan membuat motor tersebut laris manis. Terbukti saat ini Mio J sangat digandrungi masyarakat," pungkasnya. (bunda manis)

0 komentar