Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Rabu, 22 April 2009

Beda Laptop & Notebook

DALAL MUSLIMIN
SEKILAS SAMA - Laptop dan Notebook meskipun bentuknya sekilas sama akan tetapi tetap memiliki perbedaan.

PEKALONGAN - Berdasarkan penempatannya computer terbagi menjadi 3 kategori, yakni desktop, laptop, dan palmtop. Untuk desktop sudah jelas kita semua paham bahwasanya di tempatkan diatas meja kerja, Laptop dengan awalan kata “lap” yang berarti pangkuan, artinya computer yang bisa dipangku. Dan Palmtop dengan awalan kata “palm” yang berarti genggaman, artinya computer yang bisa di genggam.
Osamah, pemilik Zona Computer Jalan Gajah Mada mengungkapkan bahwa laptop dan notebook berbeda. "Bisa dikatakan laptop memiliki aplikasi yang lebgkap sedangkan notebook tidak begitu," ujarnya.
Pada perkembangannya, istilah laptop sepertinya lebih popular di sebut dengan istilah notebook karena computer ini bisa dilipat layaknya buku atau majalah. Dan laptop menjadi tidak relevan karena lebih banyak orang bekerja dengan laptop di taruh diatas meja daripada meletakkannya di pangkuan, kecuali kondisi yang tanpa meja. "Laptop ukurannya layarnya kira-kira 10 inchi sedangkan notebook ada yang mencapai 6 inchi," tambahnya.
Dari sisi harga juga sedikit berbeda, "Note book baru antara 3 juta hingga 4,5 jutaan sedangkan laptop antara 6 juta hingga 15 jutaan," terangnya.
Memangku notebook terlalu lama bisa menjadi berbahaya, karena suhu atau hawa yang di timbulkan computer ini sangat panas hal ini diakibatkan oleh terbatasnya sirkulasi udara pada notebook. Untuk hal inilah beberapa vendor menyediakan asesoris pendingin yang di tempatkan dibawah notebook. Dengan penggunaan assesoris ini di harapakan panas yang ditimbulkan dapat berkurang dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.
Lebih baik mana, antara laptop dan notebook., "Tergantung kebutuhan saja," jelasnya singkat.
Note, perbedaan istilah notebook dan laptop lebih di akibatkan oleh pergeseran makna yang notabene berpengaruh pada penempatan posisi pemakai computer itu sendiri, intinya kedua istilah ini memiliki persamaan sebagai mini computer. (dalal muslimin)

0 komentar