Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Rabu, 22 April 2009

Telkomsel Hadirkan Layanan Mobile Lifestyle

JAKARTA - Saat ini ponsel (telepon selular) sudah menjadi kebutuhan pokok dan menjadi bagian yang terpisahkan dari gaya hidup masyarakat masa kini. Masyarakat perkotaan hingga pelosok pedesaan, orang dewasa hingga anak-anak dengan berbagai profesi dimanapun dan kapanpun terlihat selalu lekat dengan ponselnya.
Babakan baru era komunikasi dan informasi telah menjadikan ponsel sebagai simbol konvergensi layanan dan lompatan kemajuan jaman. Hal ini dikarenakan dengan alat ‘ajaib’ bernama ponsel, mampu menghadirkan berbagai layanan sekaligus mulai dari game, tv, radio, musik, film, kuis, komik, recorder, kamera, handycam, komputer, layanan perbankan hingga dompet digital.
Seiring dengan kehadiran ponsel, muncul gaya hidup yang penuh mobilitas atau dikenal dengan nama mobile-lifestyle (m-lifestyle). Kini ponsel tak hanya sekedar untuk menelpon dan SMS, tapi memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari yang penuh mobilitas.
Dengan ponsel, kapanpun dan dimanapun kita berada maka akan selalu terhubung dengan berbagai sumber informasi seperti siaran TV, Radio, Internet, dan Email. Bahkan lebih dari itu, kini ponsel bisa berfungsi sebagai dompet digital atau mobile wallet dimana kita bisa melakukan transfer uang, transaksi hingga pengambilan uang tunai.
Berbagai kecanggihan layanan yang mampu dihadirkan oleh ponsel tersebut, akan berfungsi maksimal bila didukung oleh jaringan teknologi telekomunikasi yang luas dan berkualitas yang dihadirkan operator selular.
Sebagai service leader industri telekomunikasi Indonesia, Telkomsel siap memandu era mobile lifestyle atau gaya hidup penuh mobilitas. Untuk itu Telkomsel telah menggelar jaringan terluas dan berkualitas yang didukung 27.500 BTS menjangkau lebih dari 95 persen wilayah populasi Indonesia. Bahkan melalui program USO (universal service obligation) untuk menjangkau 24.051 desa terpencil, maka layanan Telkomsel akan membebaskan hampir 100 persen wilayah populasi Indonesia dari keterisolasian komunikasi.
Disamping itu, Telkomsel telah mempersiapkan roadmap teknologi layanan selularnya, dimana jaringan core network yang luas hingga pelosok tersebut senantiasa dipersiapkan mendukung implementasi teknologi terkini. Tahun ini Telkomsel menginvestasikan US$ 1.3 – 1.5 billion (sekitar 15 triliun) yang mayoritas dialokasikan untuk memperluas coverage, peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan, serta inovasi mobile lifestyle.
Untuk mendukung era mobile lifestyle, Telkomsel telah mengimplementasikan beragam layanan teknologi terlengkap mulai dari generasi kedua GSM atau 2G (CSD - Circuit Switched Data, GPRS - Global Packet Radio Service, EDGE - Enhanced Data rate GSM Evolution), dan generasi ketiga atau 3G berbasis WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) dan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).
Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, ”Tren gaya hidup mobile merupakan bagian dari era konvergensi layanan, dengan ketertarikan terbanyak pada konten hiburan maupun jejaring sosial seperti yang terjadi saat ini, dimana facebook, chatting, dan blogging menjadi pemandangan sehari-hari dimana-mana.”
“Selanjutnya semua konten tersebut akan konvergen dan melebur, mulai dari edukasi, sport entertainment, shopping, dan sebagainya. Konvergensi itulah yang nantinya menjadi basic service operator manapun, atau dikenal sebagai new wave telecommunications, selain tentunya layanan komunikasi suara dan SMS yang telah menjadi kebutuhan dasar pelanggan,” ungkap Sarwoto.
Seiring penyiapan roadmap jaringannya, Tellkomsel juga telah menyiapkan layanan maupun konten berbasis internet broadband untuk memfasilitasi gaya hidup penuh mobilitas pelanggan seperti push email, mobile wallet T-Cash, Telkomsel Flash, dan yang baru saja diluncurkan pertama kali di Indonesia iPhone 3G.
iPhone 3G
Telkomsel merupakan operator pertama yang meluncurkan iPhone 3G di Indonesia. iPhone 3G merupakan kombinasi tiga produk dalam satu kesatuan, yakni ponsel yang revolusioner, iPod berlayar lebar, dan terobosan baru perangkat internet yang menghadirkan pengalaman menakjubkan dari sebuah perangkat mobile. Kombinasi iPhone 3G yang revolusioner dengan jaringan kecepatan tinggi terluas berkualitas dari Telkomsel tentunya akan menghadirkan kenyamanan lebih bagi pelanggan, baik untuk layanan voice dan SMS maupun browsing web dan mendengarkan musik.
Telkomsel menawarkan tiga pilihan paket tarif khusus untuk iPhone 3G, yang sudah termasuk Gratis bicara, SMS, dan akses data. Pelanggan dapat menikmati Gratis incoming call sepanjang hari, Gratis outgoing call hingga 360 menit dan Gratis 300 SMS Gratis, serta Gratis penggunaan akses data sebesar 1 GB (upload dan download) dengan kecepatan hingga 3,6 Mbps. iPhone 3G tersedia bagi seluruh pelanggan di Indonesia dengan paket cicilan kartu kredit senilai Rp 3,999 juta.
Telkomsel juga telah menyediakan sebelas layanan aplikasi khas Indonesia yang dapat dinikmati pelanggan iPhone 3G, yakni: TransJakarta (informasi bus way di Jakarta), Aphrodite (jadwal pertandingan olahraga dunia), Jakarta Globe (layanan berita berbahasa Inggris), buUuk (rekomendasi tempat kuliner di Jakarta, Bali, Bandung dan Surabaya), Foyage (peta kota setempat), Detikcom (layanan berita), Angklung (musik), Liputan6 (layanan berita), SCTV (televisi), Kapanlagi.com (web gaya hidup dan hiburan), Macetlagi.com (portal monitoring jalan raya dan streaming), dan Kompas (layanan berita).
T-Cash
Perubahan perilaku yang menginginkan kepraktisan telah membawa transaksi elektronik berkembang pesat. Demikian juga halnya gaya hidup penuh mobilitas, membuat ponsel menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, bahkan ungkapan ‘lebih baik tertinggal dompet daripada ponsel’ kini benar-benar nyata, karena dengan T-Cash berbagai transaksi bisa dilakukan menggunakan ponsel.
Layanan T-Cash memungkinkan ponsel pelanggan dapat berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang siap digunakan untuk bertransaksi secara mudah, cepat, dan aman. Mereka dapat melakukan pembelian barang, cek saldo, cek transaksi yang pernah dilakukan, bahkan pengambilan tunai.
Telkomsel juga mensinergikan layanan operator selular mobile wallet ini dengan perbankan, melalui layanan T-Cash Remittance. Layanan ini memungkinkan masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk mengirimkan uang lintas negara secara mudah, cepat, aman dan efisien kepada keluarganya yang ada di Indonesia.
Telkomsel Flash
Layanan ini merupakan salah satu upaya Telkomsel dalam memenuhi kebutuhan perkembangan gaya hidup sebagian masyarakat yang menuntut adanya solusi akses informasi cepat dan nyaman untuk mendukung aktivitas atau pekerjaannya. Dengan adanya layanan ini, mereka kini dapat menikmati layanan internet kecepatan tinggi.
TelkomselFlash dapat dinikmati seluruh pelanggan Telkomsel, baik paskabayar (kartuHALO) maupun prabayar (simPATI dan Kartu As). Caranya pun simpel, cukup SMS ketik FLASH dan kirim ke 3636 maka ponselnya sudah siap menjadi modem untuk menjelajah dunia internet. Selain itu juga dapat menggunakan alternatif modem seperti PCMCIA atau Data Card, dan Router
Push Email
Telkomsel merupakan operator selular yang menyediakan pilihan layanan push email terlengkap, yakni: HALOventus, Blackberry Microsoft Direct Push dan yang terbaru Hosted PushMail Exchange. Layanan Hosted PushMail memungkinkan perusahaan untuk memiliki email korporat tanpa perlu berinvestasi membeli server, bahkan dapat mengaksesnya ewat berbagai ponsel yang telah dimiliki tanpa perlu membeli ponsel khusus untuk push email.
Keseriusan Telkomsel dalam menghadirkan ragam solusi push email bagi pelanggan, tidak terlepas dari inovasi Telkomsel dalam memperkenalkan metode aktivasi BlackBerry dengan cara sangat mudah, yakni mempelopori hadirnya BlackBerry prabayar di Asia Tenggara dan sekaligus memperkenalkan aktivasi via SMS pertama di dunia.
Sebelum Telkomsel menghadirkan BlackBerry prabayar, layanan ini hanya bisa dinikmati oleh pelanggan paskabayar dan proses aktivasinya memerlukan registrasi maupun pendataan yang cukup memakan waktu. Kini pelanggan prabayar maupun paskabayar Telkomsel cukup SMS ketik BBREG kirim ke 333 dan langsung dapat menikmati layanan ini. Metode ini terbukti sukses dan bahkan kini banyak ditiru oleh operator lain.
Saat ini pelanggan BlackBerry Telkomsel telah mencapai 70.000 atau bertumbuh dua kali lipat dari akhir tahun 2008 yang berjumlah 35.000. Telkomsel juga mencatatkan rata-rata pertumbuhan sangat tinggi perbulannya, bahkan mencapai 9.435 aktivasi baru dalam sebulan pada Desember 2008
Telkomsel menyadari BlackBerry telah menjadi bagian dari gaya hidup, di mana di tengah mobilitasnya pelanggan membutuhkan untuk tetap terhubung dengan berbagai informasi kapan pun dan di mana pun mereka berada. Untuk itu Telkomsel pun selalu meng-update pelanggan dengan menghadirkan device-device BlackBerry terbaru, sehingga pelanggan akan menikmati paduan sempurna perangkat gaya hidup terkini dengan jaringan terluas Telkomsel yang menjangkau hampir seluruh wilayah populasi Indonesia. (dalal muslimin)

0 komentar