Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Senin, 03 Agustus 2009

BTM Bligo Berbisnis dan Berdakwah


FOTO BARENG - Manajemen BTM Bligo dan pengurus saat foto bareng bersama segenap karyawannya.

PEKALONGAN - Selain berfungsi sebagai lembaga keuangan, BTM Bligo juga ingin berdakwah. BTM yang berpedoman menjalankan badan usaha menggunakan prinsip rohmatan lil'alamin, yakni badan usaha yang bisa membawa rahmat kepada masyarakat. BTM Bligo juga siap membantu permasalahan masyarakat yang ada di Pekalongan, khususnya warga Bligo dan sekitarnya.
Ernawati Kusuma Wardani, Manajer BTM Bligo yang ada di Jalan Raya Bligo, Buaran menuturkan, "Alasan kami mendirikan BTM di Bligo, yakni untuk memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan pembiayaan. Selain itu, ingin membina mereka dalam mengembangkan usahanya. Juga agar warga Bligo dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke BTM atau lembaga keuangan lain, karena di Bligo sudah ada BTM," pungkasnya.
"Karena kami masih baru, maka produk BTM Bligo saat ini masih berupa tabungan Mudhorobah, simpanan berjangka dan pembiayaan. Untuk pembiayaan ada tiga macam, yakni pembiayaan Murobahah, Mudhorobah dan ijarah," imbuhnya.
Dijelaskan, tabungan Mudhorobah yakni simpanan dari masyarakat yang sewaktu-waktu bisa diambil, sedang simpanan berjangka mencakup 4 macam jangka waktu, yakni untuk 1 bulan, 3 bulan, 6 bulandan 12 bulan. Yang menggunakan sistem arrow (Automatic Roll Over), yaitu bila telah jatuh tempo dan nasabah belum mencairkan, maka secara otomatis simpanan itu akan diperbaharui atau dibukukan ulang.
Untuk pembiayaan Murobahah (pembelian jual beli), meliputi segala macam produk, kecuali empat hal yang diharamkan dalam islam yakni (babi, darah, khomer atau minuman yang memabukkan dan bangkai), karena kami menggunakan dasar hukum Al-Qur'an. Dan pembiayaan Mudhorobah, merupakan pembiayaan modal kerja yang mana 100% modalnya berasal dari BTM, sedang pihak debitur sebagai pengelola usaha. Dan pada saat menentukan angsuran akan dihitung secara bersama-sama dan transparan.
Sedang untuk Ijarah yakni pembiayaan modal kerja yang mana 50% modal kerjanya dari BTM, dengan akad pembiayaan sewa beli untuk produk modal kerja.
Nasabah BTM Bligo tidak dibatasi, berlaku untuk semua golongan dan tidak membeda-bedakan. Mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas.
Ditambahkan pada 12 Juli mendatang, bertepatan dengan hari Koperasi, akan diadakan pembukaan berdirinya BTM Bligo. "BTM Bligo, tidak sekedar memberikan pembiayaan saja, tetapi juga memberikan dukungan moral berupa pembinaan usaha nasabahnya," tambah Ernawati. (anis/dal)

0 komentar