Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Senin, 03 Agustus 2009

Telkom Sebar Telepon Umum Kartu

**Telepon Umum Wireless SOBAT Melengkapi Telepon Umum Koin
SEMARANG - Sebagai wujud tanggung jawab sosial PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk tetap menyediakan fasilitas telekomunikasi untuk umum, Telkom menambah sarana telepon umum dengan “Telepon Umum Kartu SOBAT” yang merupakan terminal telepon umum dengan menggunakan akses fixed wireless CDMA 2000 1x Telkom Flexi serta menggunakan kartu chip khusus sebagai alat akses dan dapat diisi ulang.
Melalui TUK SOBAT masyarakat bisa melakukan komunikasi local, SLJJ maupun ke telepon seluler. Saat ini Lokasi pemasangannya tersebar seperti di Plasa Telkom, sekolah, terminal umum, rumah sakit, apotek, mall, pasar swalayan, pasar tradisional, hotel, daerah permukiman serta lokasi-lokasi strategis lainnya.
Menurut Manager Komunikasi Telkom Divre IV Jateng & DIY, Sudjatmiko, TUK SOBAT diposisikan sebagai public utility, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas agar mudah melakukan komunikasi. Terminal TUK SOBAT telah dipasang sejumlah 450 unit dari yang direncanakan sebanyak 1000 unit pada 2009.
Saat ini di seluruh area Jateng dan DIY, Telkom telah menggelar sekitar 2.200 Telepon Umum Coin (Wireline). Jumlah tersebut sama dengan sekitar 0,27 persen dari jumlah telepon kabel yang jumlahnya mencapai 800.000 SST.
Terkait keberadaan telepon umum koin, Sudjatmiko mengatakan, fasilitas tersebut tetap akan dipertahankan, kendati saat ini frekuensi penggunaannya oleh masyarakat sudah jauh menurun. “Telepon Umum Kartu Wireless SOBAT akan melengkapi layanan telepon umum koin yang selama ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelas Sudjatmiko.
Diakui Sudjatmiko, rasio tersebut masih rendah jika dibandingkan antara jumlah penduduk dan ketersediaan fasilitas telepon umum. ”Pada pinsipnya Telkom berusaha memenuhi kewajiban tersebut mengingat penyediaan telepon public merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Telkom untuk menyediakan akses telekomunikasi yang mudah dan murah,” tegasnya.
Menurut Sudjatmiko, Telkom sangat serius menggarap layanan telepon umum, selain potensi pasarnya cukup besar, telepon umum juga sangat dibutuhkan masyarakat. ”Tidak semua orang punya telepon, padahal mereka membutuhkan sarana komunikasi yang mudah, cepat dan murah,” ujar Djatmiko.
Kartu Sobat dapat dibeli di Plasa Telkom dan lokasi sekitar TUK SOBAT. Harga perdana Kartu SOBAT adalah Rp 15.000 dengan isi pulsa senilai Rp 10.000 masa aktif 90 hari dan masa tenggang 30 hari.
Sesuai namanya, TUK SOBAT menawarkan tarif bersahabat yakni tidak membedakan Zoning dan Time Band, sehingga sederhana dan mudah diingat sesuai dengan prinsip TUK SOBAT ”Jauh Dekat tetap Bersahabat”. Seperti tarif untuk tujuan lokal, sesama Flexi hanya Rp 100 per menit, PSTN Telkom Rp 150 per menit, FWA/PSTN OLO Rp 200 per menit, dan tujuan telepon seluler Rp 500 per menit.
Tarif untuk SLJJ ke sesama Flexi hanya Rp 600 per menit, PSTN Telkom Rp 900 per menit, FWA/PSTN OLO Rp 1.200 per menit dan ke telpon seluler Rp 1.500 per menit.
Untuk isi ulang dapat membeli voucher Flexi Trendy (bukan elektronik) yang sudah ada di pasaran dengan denominasi mulai Rp.5000, voucher dapat di beli di Plasa Telkom atau counter-counter pulsa terdekat. Cara pengisian pulsa sama dengan pengisian pulsa Flexi yang petunjuk pengisiannya ada di setiap kartu voucher Flexi. (dal)

0 komentar