Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Minggu, 31 Mei 2009

April, Yamaha Salip Honda


PERBAIKI - Para mekanik dalam acara Funtastic Yamaha di Pekalongan sedang memperbaiki sepeda motornya.

JAKARTA - Pada tiga bulan pertama tahun 2009 Yamaha selalu membuntuti penjualan Honda. Tepat bulan April menyalip Honda, penjualan Yamah menjadi market leader.
Tidak seperti biasanya, hasil yang diperoleh April mengagetkan. Coba saja lihat bila pergerakan Honda di akhir tahun 2008 dan awal 2009. Honda sangat gencar mengeluarkan Blade dan Absolute Revo.
Data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), di bulan April 2009, tercatat Honda membukukan penjualan sebanyak 155.789 unit dengan penguasaan market sebesar 40 persen.
Kalau diperhatikan secara seksama angka tersebut jauh lebih kecil dari perolehan penjualan Yamaha yang mencapai 189.082 unit dengan market share hingga 49 persen. Tak ayal lagi dengan angka tersebut Yamaha pun menggeser dominasi Honda di peringkat puncak penjualan motor bulan April.
Untuk produk yang lain Suzuki dan Kawasaki pun juga mengalami peningkatan penjualan yang lumayan signifikan. Mereka merebut market share 9,6% dan 0,9%. Masing-masing berhasil menjual 36.901 unit dan 3.834 unit. Secara kumulatif dengan hasil tersebut terjadi perbedaan di antara seteru abadi Honda dan Yamaha ini pun jadi semakin menipis.
Kepuasan KonsumenDi bulan Maret jarak keduanya masih sekitar 44.970 unit maka di bulan April lalu, jarak keduanya pun menyusut jadi sekitar 11.677 unit.Hingga bulan keempat 2009 tersebut secara kumulatif Honda berhasil menjual sebanyak 740.312 unit sementara Yamaha masih menguntit dengan perolehan 728.635 unit.
Pers release yang diterima dari promotion Supervisor PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Indra Dwi Sunda menyatakan, hasil tersebut merupakan buah dari kerja keras Yamaha memenuhi kepuasan konsumennya. ”Menurut kami, kepuasan konsumen adalah segala-galanya,” ujar Indra.(dtc/dal)

0 komentar