Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Jumat, 01 Mei 2009

Telur Asin Brebes Hadir di Pekalongan

KHAS - Produk telur asin khas Brebes ini sudah ada yang membuatnya di Pekalongan. Tampak penjual telur asin khas Brebes yang sedang menjaga telur dagangannya.

PEKALONGAN - Untuk sekadar mencari oleh-oleh di Pekalongan dewasa ini sudah tidak begitu sulit rasanya. Di Pekalongan sudah banyak toko yang menyediakan oleh-oleh makanan khas Pekalongan. Mulai dari kerupuk tengiri, kripik tahu hingga telur asin khas Brebes asal Pekalongan.
Di toko Anugerah Baru yang ada di jalan Banyurip Alit ini menyediakan oleh-oleh berupa telur asin khas daerah Brebes. Namun demikian, telur asin ini asli buatan dari Pekalongan. Ghofur, pemilik toko menyebutkan bahwa telur asin yang dijualnya merupakan telur asin produksi sendiri. Dengan menggunakan metode pembuatan berasal dari Brebes. "Telur asin ini asli buatan Pekalongan," jelasnya.
Pembuatan telur asin yang dilakukan oleh Ghofur ini, tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan telur asin di Brebes. Karena memang caranya, diakui sama. "Cara pembuatannya mudah," jelasnya. Telur bebek mentah hanya dibungkus dengan garam yang sudah dicampur tanah dan kemudian dibiarkan hingga kering. Proses pembungkusan telur tersebut kira-kira membutuhkan waktu sekitar 15-20 hari.
Selanjutnya, telur dibiarkan supaya tanah yang bercampur garam agak kering sehingga akan meresap kedalam telur. Setelah jadi telur asin dapat untuk dijual. Apabila ingin dijual langsung dibersihkan dengan air. Sehingga telur asin akan terlihat bersih.
Dikatakan bahwa telur asin buatannya juga dikirimkan ke daerah Brebes. Terutama jika ada pesanan. Jumlahnya bisa mencapai ribuan butir. "Kira-kira kirim ke Brebes sekitar 10 ribuan," ungkapnya.
Ghofur yang asli warga Warungasem ini telah berwirausaha bersama saudaranya, dalam pembuatan telur ini sudah sekitar tujuh tahunan. Dan baru membuka toko di Banyurip kira-kira baru dua minggu kemarin. Untuk setiap butir telurnya, dia hargai antara Rp 1.400 hingga Rp 1.500. Nah, bagi yang ingin dibawa sebagai oleh-oleh sudah disediakan wadah berupa 'besek' yang bisa diisi hingga 25 butir atau sekitar Rp 47 ribuan. "Ada potongan harga juga," tambahnya tersenyum.
Di samping itu, pihaknya juga menerima pesanan telur asin untuk hajatan-hajatan. Pemesanan pun dapat dilakukan dua hari sebelum acara, sehingga kondisi telur masih dalam keadaan baik.
Jadi, sudah tidak perlu jauh-jauh lagi mencari telur asin kan. Tinggal cari saja di pasar Banyurip Alit. (dalal muslimin)

0 komentar