Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Minggu, 14 Juni 2009

Ahli Kunci Omzet Jutaan Rupiah

KERJAKAN - Ahli kunci saat mengerjakan pesanan kunci dari konsumennya.

**Profesi apapun akan menjadi suatu keahlian jika ditekuni secara serius. Hingga ini berbuah pada jumlah penghasilan yang kian tinggi seiring dengan banyaknya pesanan. Seperti halnya dengan ahli kunci. Lalu ?


PEKALONGAN - Beragam keahlian tertentu yang ditekuni bisa menjadikan seseorang menjadi mahir dibidangnya. Ditambah dengan sarana dan prasaran yang mendukung, bisa menjadikan seseorang ahli dibidangnya. Seperti halnya dengan profesi ahli kunci yang dilengkapi dengan mesin reparasi.
Salah seorang ahli kunci tersebut seperti M Lukman, yang setiap harinya membuka praktek di Jalan Raya Urip Sumoharjo ini. Dirinya telah menjalani profesi sebagai ahli kunci sejak empat tahun yang lalu, "Saya menekuni ini sejak 2005-an," ujarnya. Ini menjadikan dirinya kini semakin mahir dalam memperbaiki kunci.
Untuk mendukung profesinya itu, dirinya mengerjakan pesanan perbaikan kunci menggunakan alat bantu mesin. Hal ini menjadikan pengerjaan semakin cepat daripada cara konvensional.
Dengan mesin reparasi kunci, cukup dibutuhkan waktu beberapa menit saja. Maka duplikat kunci sudah dapat digunakan sebagaimana aslinya. "Satu kunci sekitar lima hingga sepuluh menitan," tambahnya. Tentu saja, ini menjadikan pendapatan semakin bertambah setiap bulannya. "Omzet sebulan kurang lebih 1,5 jutaan," jelasnya.
Dalam pembuatan kunci duplikat, menurutnya, yang paling sulit yakni membuat kunci brangkas. Sebab kunci tersebut menggunakan kode-kode tertentu. "Brangkas paling sulit terutama untuk brangkas uang," imbuhnya. Untuk pembuatan kunci brangkas juga biayanya cukup mahal, yakni hingga 400 ribuan. Terutama sembilan digit. "Kalau untuk 3 digit cuma 30 ribuan saja," ungkapnya.
Semua ini, didapatnya berkat ketekunannya dalam melakoni profesi sebagai ahli kunci tentunya. (dal)

0 komentar