Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Kamis, 18 Juni 2009

BMT Mitra Umat Beri Beasiswa

SERAHKAN BEASISWA - Perwakilan dari BMT Mitra Umat menyerahkan beasiswa secara simbolis.

PEKALONGAN - Sebanyak 30 siswa dari 6 sekolah dasar di Kota Pekalongan memperoleh bantuan beasiswa dari BMT Mitra Umat yang merupakan usaha dari KSU Mitra Umat.
Penyerahan beasiswa diberikan disekolah masing-masing Rabu kemarin (17/6). Yakni kepada MSI 11 Krapyak Lor, MSI 13 Krapyak Lor, SDI 07 Panjang Wetan, SDI 6 Krapyak, SDI Baitus Salam Boyong Sari, dan SDI 03 Krapyak Kidul.
Beasiswa ini merupakan penyaluran pos dana sosial kedua kalinya dari KSU Mitra Umat. Pada 2009 ini, BMT Mitra Umat di Jalan Jlamprang no 37 Krapyak Kidul, menyalurkan beasiswa sebesar Rp 4.653.000. Sebelumnya pada 2008 KSU Mitra Umat, melalui Baitul Mal (BM) Mitra Umat telah menyalurkan dananya untuk beasiswa sebesar Rp 3.975.000.
“Sebenarnya kami sebagai sebuah Koperasi Serba Usaha yang di dalamnya terdapat UJKS BMT, dan didalam UJKS BMT tersebut terdapat Baitul Maal. Menyelenggarakan penyaluran beasiswa ini bukanlah suatu hal yang sangat istimewa. Penyaluran ini menjadi kewajiban kami, karena institusi kami terdapat fungsi baitul maal. Sehingga penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq, shodaqoh, dan dana-dana sosial lainnya yang halal harus kami kerjakan, dan bukankah ini merupakan sesuatu yang mempunyai kemaslahatan,” tutur Zaenuddin Ketua KSU Mitra Umat.
Menurutnya, pemberian beasiswa tersebut sebagai langkah untuk mengawali kegiatan yang memberikan kemaslahatan agar nanti akan banyak masyarakat umat islam yang mau berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan melalui baitul mal mitra umat. "Jadi kami menjadi sangat terbuka, bahkan pada RAT kemarin, anggota KSU Mitra Umat mengharapkan agar Baitul Maal Mitra Umat harus dapat menjadi suatu Baitul Mal milik masyarakat khususnya umat islam di kota Pekalongan,” tambahnya.
Sementara itu Ketua BM mitra Umat, Muhammad Choirul Huda menambahakan, beasiswa yang disalurkan tersebut khusus untuk anak-anak sekolah kurang mampu untuk membantu menambah pembayaran uang SPP. “Artinya beasiswa yang disalurkan untuk membayarkan nominal sisa besaran SPP setelah dikurangi dengan bantuan dana BOS setiap siswanya. Jadi untuk melengkapi kekurangan SPP dari BOS dan ini hanya untuk satu semester persiswanya," ungkapnya.
“Ya walaupun kecil dana yang kami salurkan, semoga dapat bermanfaat untuk keberlanjutan sekolah dari anak-anak yang kurang mampu, khususnya mereka yang mendapatkan beasiswa tersebut,” tambah M Fachrudin, Sekretaris BM Mitra Umat. (dal)

0 komentar