Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Rabu, 21 Oktober 2009

BTel Peroleh Sertifikat ISO 9001:2008

**Dorong Proses Kerja Bakrie Telecom Lebih Efektif dan Efisien

JAKARTA - Perolehan sertifikat ISO 9001:2008 mendorong proses kerja PT Bakrie Telecom Tbk menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu sertifikat terbaru yang diperoleh oleh operator CDMA ini akan membawa proses kerja di Bakrie Telecom lebih efektif dan Efisien sehingga kualitas layanan pada pelanggan menjadi jauh lebih baik. Perolehan sertifikat ini untuk mewujudkan langkah Bakrie Telecom sebagai perusahaan dengan tata kelola yang baik (good corporate governance).
“Peningkatan kinerja terutama terletak pada sistem monitoring yang lebih ketat terhadap proses outsourcing sehingga berpengaruh kuat terhadap peningkatan kualitas produk. Termasuk monitoring untuk kesesuaian outsourcing disisi peraturan legal,” jelas Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Services PT Bakrie Telecom, Tbk.
Dengan diperolehnya ISO 9001:2008, Bakrie Telecom tercatat sebagai operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang menyesuaikan sistem manajemen mutunya ke versi standar internasional terbaru. Sekaligus perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menerapkannya secara terpadu dalam lingkup nasional.
Untuk mendapatkan sertifikat ISO ini Bakrie Telecom telah melakukan serangkaian audit internal dan diakhiri dengan audit eksternal dengan melibatkan PT TUV Internasional Indonesia, salah satu representatif badan sertifikasi internasional ISO, TUV Rheinland Group dari Jerman.
“Tidak mudah memang mendapatkan sertifikat ini. Bahkan jujur saja sangat menantang, karena kami dituntut untuk selalu konsisten dalam melaksanakan tugas dan semuanya harus tercatat. Padahal situasi mengharuskan kami bertindak cepat. Namun setelah diterapkan hasilnya sangatlah positif. Efektivitas dan efisiensi kerja kami meningkat pesat dan akibatnya juga terasa pada kualitas layanan pada pelanggan,” papar Rakhmat.
Sebelumnya Bakrie Telecom telah mendapatkan ISO 9001 untuk versi 2000. Diakui Rakhmat, perusahaannya memang melakukan proses audit secara bertahap dan berkesinambungan. Seperti halnya ketika meraih ISO 9001:2000 upaya peningkatan kualitas layanan pada pelanggan merupakan rangkaian kegiatan yang tiada henti. Dilakukan secara terus menerus dengan tata cara yang benar dan dapat dipertangungjawabkan.
“Perusahaan terus tumbuh dan berkembang, masyarakat semakin kritis dan iklim persaingan juga berjalan semakin ketat. Mau tak mau, suka tak suka, kami dituntut untuk semakin profesional dan cerdik. Apalagi Bakrie telecom adalah perusahaan publik. Pertanggungjawabannya harus jelas,” kata Rakhmat lebih lanjut.
Sementara itu M Bascharul Asana, Direktur Utama PT TUV International Indonesia sebagai badan sertifikasi ISO menjelaskan Bakrie Telecom memang pantas mendapatkan sertifikat ini karena menjalankan sistem manajemen mutu yang terencana dengan baik dan dipantau dengan disiplin, khususnya melaksanakan semua prosedur proses-proses kunci dengan benar dan taat. Prosesnya memang butuh waktu karena langkah audit dilakukan di setiap regional perwakilan Bakrie Telecom yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Hasilnya tidaklah langsung baik, namun kami akui keinginan dan komitmen besar manajemen perusahaan mendorong mereka melakukan perbaikan dari waktu ke waktu secara sistematis. Sertifikat ini merupakan penghargaan yang pantas bagi kerja keras mereka”.
Namun Bascharul Asana tetap mengingatkan agar Bakrie Telecom tetap menjaga kualitas kerja yang telah mereka peroleh. Akan ada monitoring dan evaluasi secara berkala. “Bukankah ada ungkapan yang mengatakan meraih kemenangan adalah suatu hal yang mungkin berat, tapi jauh lebih berat menjaga kemenangan tersebut, dalam hal ini tantangan beratnya ada pada implementasi dari sistem manajemen yang sudah disertifikasi tersebut,” ujarnya. (dal)

0 komentar