SEMARANG - Honda masih mengkukuhkan dirinya sebagai merek sepeda motor yang terbaik di Indonesia, ini dapat terlihat dari perolehan market share-nya di tahun 2009, sebesar 46.18%.
Di bulan Desember 2009 sendiri, Honda mengalami peningkatan penjualan sebesar 2% dibanding bulan sebelumnya, sementara pesaingnya hanya berkisar 0,5 %.
Darmadi Durianto, Praktisi Bisnis sekaligus Lektor Kepala Program Master di IBII, dalam salah satu tulisannya mengatakan, “Dengan melihat strategi yang dilakukan Honda, serta adanya perubahan pemikiran dari Team Marketing Honda, hampir dipastikan bahwa di tahun 2010, Honda akan kembali semakin jauh meninggalkan para pesaingnya.”
Hal tersebut bukan tanpa dasar, karena bila dilihat susunan Product Line Up yang dimiliki, Honda merupakan yang terlengkap baik dari segi harga, desain, fitur dan teknologi .
Honda berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumen melalui produk2 dan layanannya. Dari segi produk, Best Value sangat ditekankan oleh Team Marketing Honda.
“Saat ini konsumen sudah sangat cerdas dalam menilai suatu produk, konsumen yg cerdas tidak hanya menilai suatu produk dari harganya saja, namun juga perlu dilihat dengan harga tersebut apa saja yang mereka dapat,” ujar Sukamto Margono selaku Marketing Region Head Astra HSO Semarang.
Beliau memberikan contoh Honda Absolute Revo CW, dengan harga Rp 13 jutaan, konsumen sudah bisa menikmati kebandelan mesin Honda, keiritan yang menjadi keunggulan abadi Honda, serta fitur-fitur lain seperti pelek racing ( CW ), kunci bermagnet serta teknologi EFT yang membuat tarikan motor menjadi lebih kencang.
Absolute Revo di tahun 2009 dapat dicap sebagai Best Seller, karena penjualannya per bulan dapat mencapai angka sekitar 90.000 unit/ bulan (data 5 bulan terakhir di 2009 ). Angka tersebut merupakan yang tertinggi dari seluruh type motor cub.
Ketangguhan kualitas mesin 110 cc yang diusung oleh Absolute Revo, bahkan membuat kompetitornya kebakaran jenggot dan berusaha menaikkan kapasitas cc dari produk mereka untuk bisa menandingi Absolute Revo.“Kalo cuma selisih 3 cc, tidak akan terlalu berarti bagi peningkatan performa mesin,” ujar beberapa teknisi motor yang dikonfirmasi terkait dengan munculnya produk kompetitor dari merek lain.
Kami percaya bahwa konsumen sepeda motor di Indonesia semakin cerdas, sehingga optimis Absolute Revo tetap akan menjadi Best Seller di Indonesia, karena merupakan motor dengan Best Value,” tambah Sukamto Margono. (anang/dal)
0 komentar
Posting Komentar