Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Senin, 29 Maret 2010

Morowangi Harga Bersaing

LAYANI - Seorang karyawan saat melayani konsumen yang berbelanja di Toko Morowangi di Jalan Surabaya No 106 Pekalongan.

PEKALONGAN - Toko Morowangi di Jalan Surabaya No 106 Pekalongan ini merupakan toko yang menyediakan aneka oleh-oleh. Mulai aksesoris, macam-macam madu murni dan lainnya, pernak-pernik haji hingga pengantin, dengan harga bersaing.
Hidayah, istri Pemilik Toko Morowangi menuturkan, pihaknya menyediakan segala macam keperluan haji, mulai dari baju ihrom, mukena, sajadah, tasbih dan lain sebagainya. "Toko kami bisa dibilang komplit, karena hampir semua produk mulai yang kecil seperti pacar, tasbih hingga karpet Madinah juga ada disini," kata dia.
Istri Abdurrahman itu mengatakan, pada setiap musim haji tiba, bisa dipastikan tokonya ramai pengunjung. Mereka berburu oleh-oleh atau pernak-pernik khas haji. "Setiap musim haji pasti rame, mereka nyari barang atau oleh-oleh haji," tuturnya.
Dikatakan, pihaknya selalu mengalami peningkatan permintaan bila musim haji tiba, terutama untuk pesanan kurma, kismis, kacang Arab, air zam-zam dan sebagainya. Karena barang dan makanan tersebut identik sebagai oleh-oleh haji. Menurutnya, mereka membeli oleh-oleh di daerah lokal karena harganya lebih miring, barangnya sama, sedang untuk kualitas produk tidak jauh beda dari barang yang asli Makkah. Namun demikian, bisa dipastikan produk yang tersedia adalah asli buatan Makkah. "Sebagian ada yang saya datangkan dari Surabaya dan barang itu asli dari Makkah," ucap wanita asal Cirebon itu.
Selain itu, untuk lebih menghemat biaya dan tenaga, para jamaah haji biasanya tidak membeli oleh-oleh langsung dari Makkah, tetapi membelinya di toko-toko yang khusus menyediakan oleh-oleh haji sebelum mereka berangkat haji. Oleh karena itu, para pedagang toko oleh-oleh haji selalu kebanjiran konsumen pada saat musim haji.
Toko Morowangi yang dalam penjualannya dibantu oleh tiga orang karyawan itu juga menyediakan macam-macam jamu untuk kesehatan, antara lain, jamu kuat, jamu capek-capek, jamu pegal linu, jamu magh, jamu untuk menambah stamina dan sebagainya. "Harganya bervariasi mulai dari Rp 35 ribuan ke atas. Jamu madu Al-Karomah itu yang paling istimewa disini dan peminatnya pun banyak sekali, khasiatnya untuk menghilangkan pegal-pegal dan menambah stamina tubuh," papar Hidayah.
Toko yang telah berdiri sejak 19 tahun lalu ini juga melayani grosiran, dan pelanggannya berasal dari berbagai macam daerah antara lain, Pemalang, Tegal, Bawang dan Limpung. (ica)

0 komentar