Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Rabu, 17 Februari 2010

Bisnis Cuci Helm Prospektif

CUCI - Dua orang pekerja Java Motor sedang membersihkan helm milik salah satu konsumennya.

KAJEN - Besarnya peluang pasar bisnis cuci helm atau salon helm, membuat banyak orang tertarik untuk terjun ke bisnis ini. Bisnis ini cukup prospektif, terlihat banyaknya toko-toko yang melayani jasa cuci helm di Pekalongan, salah satunya Toko Java Motor di Jalan Diponegoro No 146 Kajen.
Dijelaskan Riza Hermawan, pemilik Toko Java Motor. "Saya melihat peluang bisnis cuci helm ini sangat prospektif. Dan sekarang ini di Pekalongan saja sudah banyak sekali orang-orang yang terjun ke bisnis ini," katanya kepada Radar.
"Awalnya saya coba ngliat-ngliat di internet, usaha apa yang sekiranya berpeluang bagus, nah saat itu saya menemukan salah satu usaha yang saat ini sedang banyak diminati yaitu cuci helm, dan kebetulan saat itu juga di Pekalongan, khususnya di daerah sini belum ada yang melayani jasa cuci helm. Kemudian saya coba usaha ini hingga sekarang, dan penghasilan yang saya dapatkan juga lumayan mbak," terang Riza, panggilan akrabnya.
Ditambahkan, pihaknya melayani jasa cuci helm kering dengan menawarkan berbagai macam paket menarik untuk konsumennya. Seperti, paket hemat cuci helm Rp 7 ribu dan paket spesial cuci helm Rp 10 ribu. Dalam paket hemat Rp 7 ribu, konsumen yang memanfaatkan jasa di Toko Java Motor akan mendapatkan pelayanan, berupa, cuci batok dan cuci busa dengan body shampoo plus alkatite plus oxybost, pengkilap batok magic clink dan pengkilap kaca glass clink.
Sedangkan paket spesial Rp 10 ribu berupa cuci batok dan cuci busa dengan body shampoo, pengkristalan kotoran busa dalam, vacum clenar, penghisap batok magic clink, pengkilap kaca glas clink dan parfum aromatherapy. "Jenis parfum ada banyak, tergantung dari permintaan konsumen aja maunya yang aroma apa," tuturnya.
Dikatakan, cuci helm ada dua macam yakni cuci helm basah dan kering. "Kalau saya melayani jasa cuci helm kering karena kalau basah takutnya nanti akan lembab dan malah menimbulkan bau tak sedap," jelas pemilik toko yang sudah berdiri sejak tiga tahun yang lalu.
Dia menambahkan, waktu yang dibutuhkan untuk mencuci sebuah helm rata-rata membutuhkan hingga 30 menit. "Tergantung dari tingkat kekotorannya sih mbak, kalau yang kotor banget dan banyak flek-flek hitamnya bisa sampai satu jam, tapi kalau yang ringan-ringan sih hanya sekitar 30 menit-an lah mbak," ucapnya.
Mengenai perawatan helm, Riza mengatakan, ada baiknya helm dibersihkan minimal sebulan sekali. Tidak mudah memang membersihkan atau mencucinya, karena dapat memakan waktu lama, dimana bagian dalam harus kering dengan sempurna agar tidak bau apek.
"Kalau nggak dicuci ya dijemur aja biar nggak bau apek, dan untuk bagian kaca sebaiknya dibersihkan dengan kain yang sudah diberi air, dengan catatan kain yang digunakan adalah kain yang halus biar kacanya nggak tergores," papar Riza. (ica)

0 komentar