Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Senin, 22 Februari 2010

Januari, Jateng Diperkirakan Inflasi

SEMARANG - Berdasarkan data BPS, perkembangan harga barang dan jasa di Jateng pada bulan Desember 2009 masing-masing sebesar 0,30% (mtm) dan 3,32% (yoy). Sementara itu, berdasarkan hasil Rapat Tim Pemantauan dan Pengendalian Harga (TPPH) Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 21 Januari 2010 yang membahas perkembangan harga beberapa komoditas penting penyumbang inflasi dapat disimpulkan bahwa pada bulan Januari 2010 secara umum diperkirakan inflasi bulan Januari 2010 tidak jauh berbeda dengan kenaikan harga bulan sebelumnya pada level yang tidak terlalu tinggi.
Dari hasil pemantauan barang dan jasa oleh dinas terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Perum Bulog, dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Survei Pemantauan Harga (SPH) Kantor Bank Indonesia Semarang, dapat menghasilkan beberapa informasi seperti beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain beras, gula pasir, telur, cabe merah besar, cabe merah keriting, ikan segar dan rokok. Sementara yang mengalami penurunan harga antara lain minyak goreng, daging ayam ras, bawang merah dan bawang putih. Untuk stok beras Bulog Jawa Tengah sendiri masih cukup untuk operasional hingga Agustus 2010.
Dihasilkan pula beberapa rekomendasi kebijakan yang diharapkan dapat ditinaklanjuti oleh berbagai pihak terkait untuk dapat mengendalikan laju inflasi ke depan antara lain, Pemerintah diharapkan segera melakukan operasi pasar untuk pengendalian harga saat ini dan meningkatkan koordinasi antar daerah terkait dengan tingkat persediaan komoditas pada tiap daerah untuk menjaga keseimbangan ketersediaan komoditas. (anang/dal)

0 komentar