Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Kamis, 11 Februari 2010

Telkomsel Siap Layani 100 Juta Pelanggan

PAPARAN - Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno (kanan) didampingi GM Corporate Communications Ricardo Indra saat menyampaikan paparan mengenai tren industri telekomunikasi selular dan strategi Telkomsel di tahun 2010 (12/1).

**Tahun 2010 Layanan Selular Berbasis Mobile Broadband
JAKARTA - Sepanjang tahun 2009 Telkomsel mencatat pertumbuhan jumlah pelanggan yang signifikan, yakni 17 juta pelanggan. Pencapaian tersebut membuat Telkomsel kini dipercaya melayani lebih dari 82 juta pelanggan. Menghadapi tahun 2010, Telkomsel menargetkan penambahan sekitar 18 juta pelanggan baru sehingga secara keseluruhan Telkomsel akan melayani sekitar 100 juta pelanggan.
Angka 82 juta pelanggan yang dicapai Telkomsel pada akhir 2009 setara dengan 50 persen pengguna layanan selular di Indonesia. Dari jumlah tersebut, kartu prabayar simPATI memberikan kontribusi tertinggi, yakni 59 juta pelanggan, disusul Kartu As sebanyak 21 juta pelanggan, dan layanan paskabayar kartuHALO dengan 2 juta pelanggan.
Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, “Kami bersyukur dan berterimakasih atas tingginya kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan telekomunikasi selular yang kami hadirkan. Bagi kami, pencapaian selama tahun 2009 merupakan kebanggaan sekaligus menjadi amanah dan tanggung jawab untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan, sehingga ke depan Telkomsel tetap menjadi operator selular pilihan utama masyarakat.”
Seiring dengan tingginya pertumbuhan jumlah pelanggan, trafik komunikasi pelanggan pada tahun 2009 secara keseluruhan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2008. Trafik SMS meningkat 21 persen dari 107 miliar SMS menjadi 129 miliar SMS di tahun 2009. Sementara trafik layanan suara atau Minute of Usage (MoU) Telkomsel melonjak 203 persen menjadi 273 miliar menit dari sebelumnya 90 miliar menit di tahun 2008. Adapun pemanfaatan layanan data juga mengalami peningkatan sebesar 178 persen menjadi 9.125 tera bytes dibandingkan tahun 2008 yang hanya 3.284 tera bytes.
Tren Industri Telekomunikasi Selular
Pada tahun 2010 industri telekomunikasi selular akan memasuki era transformasi dari penggunaan basic service seperti SMS dan voice ke arah konvergensi teknologi informasi dan komunikasi, dimana telepon selular akan digabungkan dengan layanan internet, video, dan produk-produk digital yang lain. Transformasi ini akan memperkuat fondasi bisnis ke depan, yaitu bisnis layanan selular berbasis layanan mobile broadband.
Investasi industri telekomunikasi di tahun 2010 diperkirakan 2,2 miliar dolar AS, kurang lebih sama dengan investasi tahun lalu, dengan perkiraan pertumbuhan pasar sekitar 10%-11%. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, diperlukan adanya efisiensi untuk menekan biaya operasional, yang dapat dicapai dengan melakukan konsolidasi di 3 sektor, yakni konsolidasi jaringan, konsolidasi platform services, dan konsolidasi entitas.
Telkomsel di Tahun 2010
Sebagai pemimpin pasar industri telekomunikasi selular di Indonesia, Telkomsel bersiaga untuk melakukan transformasi di tahun 2010. Dengan visi “Best and Leading Mobile Lifestyle and Solutions Provider in the Region” Telkomsel siap menyediakan solusi layanan mobile lifestyle terkini berbasis layanan mobile broadband.
Untuk itu, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta yang akan datang adalah uji coba Long Term Evolution (LTE). Fokus Telkomsel pada pengembangan layanan mobile broadband dipicu oleh pesatnya pertumbuhan jumlah pelanggan mobile broadband yang meningkat 700 persen menjadi 1,6 juta pelanggan dibanding jumlah di awal tahun 2009 yang hanya sekitar 200.000 pelanggan. (dal)

0 komentar