Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Senin, 21 Januari 2013

Fasilitasi Mahasiswa dalam Berkoperasi



SAMPAIKAN- Mantan Menteri Koperasi, Drs Adi Sasono MSc (kiri) berikan materi dihadapan peserta seminar Perkoprasian Mahasiswa.

Fasilitasi Mahasiswa dalam Berkoperasi

PEKALONGAN - Keberadaan Koperasi Mahasiswa (Kopma) sangat diperlukan dalam setiap perguruan tinggi. Hal itu sesuai amanat konstitusi negara, sekaligus sebagai laboratorium bagi mahasiswa, untuk itu sudah seharusnya semua rektor dan ketua perguruan tinggi di Indonesia memfasilitasi mahasiswa untuk berkoperasi.
Demikian diungkapkan mantan Menteri Koperasi, Drs Adi Sasono MSc di Gedung Sekda Kota Pekalongan, sesaat sebelum memberikan materi dalam seminar perkoperasian, Sabtu (30/6).
Adi Sasono mengkritisi kelemahan perekonomian Indonesia yang masih di monopoli oleh pemilik modal besar, akibatnya sekarang perekonomian berbasis kekeluargaan seperti koperasi semakin tersisihkan.
Namun demikian, ia juga memberikan apresiasi kepada Kopma di Indonesia, yang belakangan ini telah berhasil memberikan sumbangan positif dalam menggalakkan semangat berkoperasi, khususnya di kalangan mahasiswa. Melalui seminar-seminar maupun aktifitas konkrit koperasi lainnya. Dengan peran itu diharapkan Koperasi Mahasiswa benar-benar mampu menjadi instrumen untuk melayani kebutuhan mahasiswa. "Kalau rektor paham konstitusi, ya kewajiban Rektor untuk bantu dan fasilitasi mahasiswanya berkoperasi," ucap Adi.
Adi Sasono datang ke Pekalongan dalam rangka menjadi pembicara di Seminar Perkoperasian yang diselenggarakan oleh kerjasama Kopma STAIN Pekalongan dan Kopma STIMIK Widya Pratama. Acara yang juga melibatkan pelajar SMA, Mahasiswa juga dari umum ini disambut antusias oleh stakeholder perkoperasian mahasiswa yang ada.
Ryan Septyanto, Ketua Koperasi Mahasiswa Pekalongan mengaku Koperasi Mahasiswa harus selalu terus disosialisasikan, termasuk dengan melalui forum seminar-maupun pelatihan pelatihan lain. "Yang jadi kelebihan dari koperasi itu merupakan lembaga keuangan yang berasas kekeluargaan, ekonomi kerakyatan, dan demokratis. Karena dalam koperasi yang memiliki adalah semua anggota, bukan lagi perorangan," ungkap Ryan. (bunda manis)

0 komentar