Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Blogroll

BISNIS ANDA KITA

Senin, 21 Januari 2013

Spesialis Kostum Karakter



AKSI - M Nuh saat tampil menggunakan salah satu kostumnya di suatu acara yang digelar Pemkot Pekalongan.

Spesialis Kostum Karakter
*Badut Ndower

BATANG - Perusahaan maupun masyarakat umum yang ingin membuat kostum dengan karakter tertentu, saat ini tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Pasalnya, bisa pesan pada Badut Ndower atau nama aslinya Ahmad Nuh, sejak beberapa tahun ini bekerja sebagai spesialis pembuat aneka macam kostum karakter sesuai keinginan konsumennya.
Ditemui di sanggar sekaligus rumahnya, yang berlamat di Jalan Raya Slamet Riyadi Matangan, sebelah timur Hotel Yudistira dan depan Mie Ayam Sunda Batang, M Nuh, mengungkapkan dirinya selain masih menerima order sebagai pemain badut juga serius dengan pekerjaannya yang baru tersebut.
"Awalnya kostum aneka macam karakter saya buat dan pakai untuk manggung sebagai badut sendiri. Namun lama-kelamaan teman-teman banyak yang pesan, karena tahu saya juga bisa membuat kostum badut. Sehingga saya teruskan lebih serius seperti sekarang ini," ucapnya. "Saya juga terus belajar bagaimana membuat kostum karakter sebaik mungkin. Awalnya memang kurang bagus, namun dari pengalaman dan terus mencoba akhirnya kostum buatan saya semakin bagus," ujarnya.
Di tempatnya saat ini, sudah banyak dipanjang aneka kostum karakter dengan bentuk unik dan lucu. Sebagaian besar merupakan visualisasi dari karakater tokoh kartun yang populer bagi anak-anak.
Namun saat ini dirinya lebih banyak menerima order dari beberapa perusahaan maupun orang priabdi dalam membuat kostum karakter. "Saat ini orderan memang lebih banyak dari perusahaan, seperti membuat maskot dan sejenisnya. Karena memang sedang tren, untuk lebih dekat dengan kostumer menurut mereka. Juga bisa berfungsi untuk sosialisasi produk dari perusahaan bersangkutan," terangnya.
Untuk harga menurutnya diukur dari tingkat kesulitan dan bahan bakunya. Semakin bagus dan dari bahan pilihan harganya juga semakin mahal. Karena biaya lebih banyak untuk membeli bahan bakunya. "Sebenarnya untuk ongkos pembuatan kalau dihitung saat kecil prosentasenya mas. Sebagian besar untuk ongkos pembuatan, seperti membeli bahan baku di luar kota serta ongkos pembuatan topeng, jahit kostum dan sebaginya. Namun karena masih promosi saya berikan harga terjangkau," pungkasnya. (bunda manis)

0 komentar